Menangkar lovebird di kandang koloni

Salam kenal mas Duto, aku baru beli 4 ekor love bird, rencananya mau di tangkarin, kebetulan aku bikin ukuran kandang 1.5 x 1 m. aku siapin kotak sarang 2 buah, karena dari 4 ekor tadi cuman 1 jantan. saya senang karena 6 hari masuk kandang, eh ke dua kotak sarang udah diangkut ama LB kulit jagung dang rumput yg udah ku isapin. yang anehnya ada 1 betina yg tidur 1 sarang dg jantan, agresif sekali dg betina yg bikin sarang di kotak yang 1. sampe ada luka di kaca mata LB nya. apa nggak menggangu ???? tapi saya ambil inisiatif untuk misahin LB yang luka tadi untuk pindah ke sarang lain sendiri, tapi saya siapin kotak juga. yg mau saya tanyakan
1. apakah mengambungkan LB seperti yg saya lakukan wajar,
2. kenapa betina yg tidur 1 kotak dg jantan agresif dg betina yg bikin sarang di kotak yang satunya lagi?
3. apakah LB yg bawa sarang ke dalam kotak, sudah mau bertelur, ato hanya buat dia penghangat tidur aja?
4. dengan saya pindahkan yang LB luka tadi, apa dia masih mau bertelur(asumsi saya dia udah pernah kawin dg jantan yg se ekor.
5. apakah saya bisa mengati yg betina udah pernah menetaskan anaknya 1 kali dg betina lain buat pasangan baru LB jantanya.
terima kasih banyak atas waktunya mas, semoga dapat penjelasan dari mas duto.

aryoudha

Jawab:

1. Menangkar LB secara koloni memang bisa tetapi kandangnya perlu lebih besar. Juga, sebaiknya jumlah jantan dan betina sama sehingga akan berpasang-pasangan.
2. Itu namanya cemburu (terganggu) Om. Di kotak manapun, si betina itu akan menguber betina lainh yang kurang dominan. Ada baiknya pejantannya ditambah dua ekor lagi.
3. Membawa sarang ke kotak itu sudah naluriah untuk LB yang memasuki usia kawin Om. Kadang juga belum tentu untuk bertelur.
4. Kalau dipisah, bisa jadi memang mau bertelur (karena LB betina dewasa tetap bertelur meski tidak ada pejantannya). Cuma saya tidak yakin kalau nanti telurnya isi. Sebab, pembuahan atas telur hanya akan jadi ketika telur sudah matang/siap. Meski katakanlah sebelumnya sudah kawin dengan LB jantan, tetapi karena mungkin kumpulan calon telur di indung telurn belum matang, maka untuk jadi perlu dibuahi lagi ketika sudah matang.
5. Bisa saja LB diganti2 pasangannya asal pasangan lamanya sudah tidak berada dalam satu kawasan yang bisa saling mendengar (saling memanggil). Kalau masih bisa saling memanggil, tidak akan mau jodoh dengan LN lain.
Demikian penjelasan saya semoga memabantu.
Salam,
Duto Solo

About these ads

Tag: , , , , ,

6 Tanggapan to “Menangkar lovebird di kandang koloni”

  1. aryoudha Says:

    Wah, makasih banget mas duto. imformasinya sangat membantu saya. tapi saya mohon penjelasan lagi tentang jawaban mas duto no 5,
    1.areal saya kan agak sempit dalam menangkar LB, kalo jaraknya cuman 1 meter, apakah suara LB betina yg tadi kedengeran sama yg LB jantan tetep pengaruh juga ???. jadi saya mesti bikin areal baru yg jauh biar ngak saling denger antara LB jantan dan betina yg lama ??

    2.dan apakah kalo LB kacamata dikawinin dengan LB non kacamata anaknya bisa jadi kacamata(LB saya yang sedang kawin jantan ijo standar kepala itam kacamata dan betina kuning muka merah non kacamata)

    3.terakhir, kalo mas duto ada jual LB albino mata merah nggak ?? kalo ada berapa harga sepasang yang dewasa dan anakan. bisa dikirim ke RIAU ya ???
    terimakasih mas
    salam

    Jawab:
    1. Wah ya itu namanya masih dalam satu kawasan, apalagi cuma berjarak dekat. Pokoknya sampai suara nggak bisa terdengar lagi, itu baru namanya dipisah Om, hehehehe. Mangga…
    2. Ada anak yang kacamata ada yang tidak, tergantung dari mana gen yang kuat di antara indukan2nya Om.
    3. LB albino? Apakah maksudnya LB yang putih semua warna bulunya? Kalau hanya warna putih, itu bisa jadi bukan albino tetapi memang ada LB yang semua putih.
    Kalau benar yang Om cari albino, untuk apa? LB albino adalah LB yang “sakit” secara genetis dan umumnya mandul. Kalaupun bisa beranak, belum tentu anakannya albino kalau gen pembawa warna albinonya kalah.
    Kalau untuk LB warna putih, nanti saya beri contoh gambar2 LB. Tunggu ya.

    Salam,
    Duto

  2. aryoudha Says:

    aduh banyak,banyak terima kasih mas duto, sangat-sangat membantu deh info nya. memang bener apa yang telah mas duto terangkan ke saya. kalo gitu saya nggak mesti cari warna putih deh buat LB tangkaran. kalo mas duto punya referensi lengkap tentang menangkarkan LB,bisa nih bagi2 ilmunya. terimakasih
    sukses selalu mas duto
    MENANGKARKAN BURUNG = MENYELAMATKAN KEPUNAHAN BURUNG DI ALAM ASALNYA.

    Jawab:
    Referensi (meski nggak lengkap) memang ada di benak saya berdasar pengalaman menangkar beberapa tahun lalu. Cuma mau mengeluarkannya, belum bisa konsentrasi sepenuhnya.
    Mulai saja menangkar. Kalau ada masalah, kita diskusikan. Akhirnya kan referensi bisa keluar semua, hehehe.
    Salam,
    Duto

  3. aryoudha Says:

    oo, bener juga tu mas.akhirnya aku jadi semangat mau nanya mulu nih ama mas duto,
    1.LB jenis apa yg biasanya laku dipasaran
    2. Setau mas duto pasaran anakan dan indukan LB di jawa berapa ya mas??
    3. kalo mas duto sekarang ini kerjanya apa sih ??? peternak burung, pengemar burung, pencinta burung, ato pengamat burung???? saya masalahnya salut dengan semua penjelasan dari mas duto, baik yg saya tanyakan maupun temen2 lain di posting.
    4. berdomisili di kota mana mas ??
    5. kalo kandang 1,5 x 1 M di masukin 2 pasang LB gak papa ya ?? masalanya saya dah dapet ilmu dari mas duto dari pertanyaan kemaren, makanya saya udah siapin lagi 1 kandang yg besar. kalo masalah memisahkan LB yg udah pernah jodoh jauh2 mah sampe sekarang masih nggak dapet ilham caranya gimana(terpaksa dijual) xixixiixi ; )
    salam.

    1. Jenis kacamata/ klep (eye ring). Yang di bagian luar mata ada lingkaran tebal. Untuk waktu-waktu yang akan datang, non-klep sepertinya juga akan laku karena akan ada lomba burung untuk penampilan (beauty bird) bukan kicauan. Jenis non-klep warnanya bisa lebih variatif ketimbang klep.
    2. Pasaran anakan LB di Jawa berkisar antara 100-200 rb. Untuk indukan, sepasang sekitar 750rb-1jt tergantung kondisinya.
    3. Saya kerja sebagai mass media consultant. Dalam soal burung, sekadar penghobi dan kadang makelar, hehehe. Beberapa kali menangkar, cuma dapat ilmunya doang. Untuk praktek dan hasilnya, yang dapat malah teman2 yang rajin bertanya ke saya. Saya sendiri, saya akui, kurang telaten dan sabar. Padahal, telaten dan sabar adalah kunci sukses merawat burung.
    Saya kenal dan banyak bergaul dengan para penangkar dan penghobi burung kawakan, dengan demikian, saya banyak “ilmu” dari mereka. Nah, karena di antara mereka tidak pernah bertemu dan berdiskusi, saya malah yang jadi “kolektor” ilmu mereka yang beragam. Ketika satu penangkar atau penghobi ada problem mengenai sesuatu hal pada burung mereka, saya tinggal “menyanyi” tentang ilmu yang saya dapat dari penangkar atau penghobi lain. Maka, jadilah saya “konsultan burung” jalanan, hehehe.
    Moga-moga saja apa yang saya sampaikan kepada mereka bisa bermanfaat. Saya cuma pengin banyak teman dan (moga-moga) pahala…. Jadi kalau saya kesasar ke kota manapun, ada tempat nunut tidur. Btw, kalau Om rumahnya mana?
    4. Saya di Solo.
    5. Sebenarnya perlihara LB yang lebih irit tempat dan juga mudah penanganan, kebersihan, aman, nggak saling serang, adalah di sangkar besi berbentuk kubus, ukuran 50x50x50 cm, untuk setiap pasang.
    Dengan demikian, kalau disusun bertumpuk, tempat dengan volume 1×1,5m bisa untuk 6 pasang LB.
    Kandang besi seperti itu harga pasaran di Solo sekitar 100-200ribu tergantung diameter besi rangkanya dan ram kawat yang digunakan.
    Okey?
    Salam,
    Duto Solo

  4. aryoudha Says:

    makasih,makasih,makasih mas infonya, aku asli Riau mas, kemaren aku pernah kuliah di jogja (1999 -2004 ). kalo nyasar ke riau, tlp aja(081268154567 aryoudha). kalo kamar di rumah aku nggak ada lagi,nanti aku siapin kandang LB ternak buat mas.(canda) xixixixiix.
    kalo saya menilai mas duto seorang penangkar segala jenis burung, dan memiliki semua jenis burung lomba dan juara. ternyata ilmu serapan dari temen-temen nya mas. tapi semua ilmu dan info mas duto saya acungin jempol buat saya yg pemula penangkar burung LB. ilmunya nggak nyasar. semoga tambah banyak temen dan tambah banyak pahala mas.
    kalo ada info terbaru dan penting buat saya peternak pemula LB ini, tolong di posting lagi ya mas, ato ke email aku aja.
    makasih deh mas
    salam.

    Jawab
    Oho Riau ya…
    Kalau Jogja, saya juga pernah di sana.. Anda masuk, saya keluar. Lalu melalang buana sampai di… dunia maya…..hehehe.
    Menangkar masih, lomba sudah jenuh. Soal ilmu, ya saya peroleh dari mana-mana dan saya sebar di mana saja-lah yang penting nggak sampai kependem kebawa mati…(ih…).
    Okey?
    Soal info baru, ya rajin-rajin saja berkunjung ke sini. Kadang saya tidak sempat menulis postingan baru, tetapi hanya menjawab pertanyaan-pertanyaan teman-teman yang sudi berkunjung ke blog ini. Tetapi, banyak kok jawaban yang saya sampaikan juga merupakan hal baru (minimal belum pernah saya upload di sini).
    Pantau terus saja ya. Tks.
    Salam,
    Duto Solo

  5. aryoudha Says:

    sekarang menangkarkan burung apa mas duto ???
    aku mau nanya tentang LB lagi ni mas, kira-kira yg saya jodohkan ini setau ilmunya mas duto akan jadi apa entar warna anakannya,(nggak sabar seh nunggunya)
    1. biru kepala hitam kacamata (betina) dengan hijau kepala hitam kacamata (jantan).
    2. Hitam kaca mata(tak jelas jantan betina yang mana) dengan kuning pucat hampir keputih-putihan mata merah tanpa kacamata
    3. hijau kepala hitam kacamata(betina) dengan kuning dada dan muka merah (jantan)
    yang jelas yg nomer 3 udah nelur 1 butir.
    yang nomer 1 dan 2 dah cumbu-cumbuan dan tidur berdua semua juga angkut sarang ke kotak.
    mohon petunjuknya mas duto.
    kira-kira menangkarkan kenari sulit nggak seh mas?? dari segi persiapan kandang dan persiapan lainnya seperti apa ya ??
    makasih mas
    salam.

    Jawab
    Waduh, ilmu permutasian tidak bisa hanya berdasar kira-kira. Ini memang sudah ada rumusnya, tetapi perumusannya belum selesai tampaknya. Coba Om kalau mau pengin tahu lebih dalam soal per-LB-an, termasuk bagaimana kemungkinan mutasinya, saya beri link yang bagus banget. Tetapi sebelum mempelajari soal perubahan genetika yang link-nya akan saya tunjukkan, Om perlu paham dulu soal spesies pada keluarga Parrot ini.
    Nah, silakan buka link ini ya. Kalau ada hal-hal yang perlu didiskusikan, bisa tinggalkan komentara di sini.

    Untuk kenari, nanti akan saya tuliskan selengkap mungkin. Tunggu saja.
    Salam,
    Duto Solo

  6. aryoudha Says:

    link nya mana ???
    jangan lupa ya tulisan penangkaran kenarinya mas!!!
    mas, saran. kalo blog ini diramein dengan artikel ternak hewan-hewan lain gimana? semisalnya, kelinci hias,lobster, ato hewan hias yang lain yang bagi masarakat awam sangat susah untuk di ternak(kalo perlu hewan-hewan yang udah ampir punah)
    makasih mas
    sukses selalu

    Jawab
    Lho belum ya? Sampai lupa. Oke nanti saya carikan link-link ke website mengenai LB dan KN yang menurut saya bagus.
    Soal penangkaran kenari, insya Allah segera saya tulis.
    Sedangkan soal tulisan lain di luar topik burung, memang ada keinginan ke sana, tetapi saya masih kurang “bekal”. Ya pelan-pelan-lah nanti saya isinya. Paling bagus kalau pengunjung di sini juga “menyumbang” tulisan mengenai hal-hal yang mereka kuasai yang berhubungan dengan ternak, tanaman dan hobi lainnya. Nanti saua bikin halaman tersendiri. Setuju?

    Salam,
    Duto Solo

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: