Lagi, kenari macet bunyi

Mohon bantuannya yaaa….

Sy baru dapet KN Bond Kuning dgn umur kira2 8-9 bln & belum mabung.. Kira2 umur 6 bln KN dah gacor banget…Suara bisa 1 menit lebih, Fight-nya geleng2 sambil buka ekor & turun naik tangkringan, kalo volume diatas rata2 deh…(video menyusul)

Dulu sama yang punya, seminggu 3-4 kali di trek ga ada gembosnya…Sy mau bayarin ngga dikasih…

Kemarin ini, dia kontak Sy…Dia bilang burungnya sudah 1,5 bulan ga mau bunyi trus sudah seminggu belakangan dikasih Superkicau…Sekarang mau bunyi lagi tapi monoton & ngga panjang lagi serta Fightnya ilang meskipun kalo di trek tetap mau bunyi sekadarnya saja…

Akhirnya dia minta TT sama Sy & Sy mau krn penasaran untuk menyembuhkan sekalian belajar…

1. Kenapa KN ini yaa…?

2. Untuk mengembalikan performancenya bagaimana…?

Perawatan harian dulunya:

Mandi-Jemur tiap hari sampe jam 10-11
EF hanya Apel saja
Biji-bijian 1,5 sdt
Puyuh 3X seminggu (skrg sedikit gemuk)
Kroto gak pernah
Kerodong hanya malam saja

Terimakasih

Firli

Jawab

Kalau sudah dipastikan memang itu adalah KN yang dulu (bukan ditukar dsb) maka ada kemungkinan dia memang kegemukan.
Coba saja diterapi dengan diberi mentimun setiap hari. Belah saja mentimun dan berikan separuhnya. Juga, jangan diberi telur lagi untuk sementara ini.
Untuk multivitamin, coba SMS saya ke no 02715847923. nanti saya tuliskan per sms karena saya merasa nggak enak untuk nyebut-nyebut nama obat di sini.
Salam,
Duto

Tag: ,

Satu Tanggapan to “Lagi, kenari macet bunyi”

  1. danto Says:

    mas,saya punya beberapa burung.2 kacer,1 kenari,1 cucak wilis,1 pentet,1 murai batu.saya ada masalah sama kenari saya.dulu pas sy beli tuh kenari rajin bgt bunyinya,tapi skr2 ini kynya males d.sy konsultasi sm para pedagang katanya musim hujan jadi emang gt,tapi apa bener?pada hal udah di kasi timun,telor n biji2an.tapi tetep mls.minta saran dong.sebenernya banyak sih yg mau di tanya,soalnya sy masih baru di bidang perburungan,hehehehe….. help me…..

    salam
    danto

    Jawab:

    Pastikan dulu KN-nya kegemukan atau tidak. Kalau masih kegemukan, terapi mentimunnya dilanjut lagi. Sebaliknya, kalau terlalu kurus, ya pakannya diperbagus.
    Untuk masalah pakan dan perawatan, mohon dibaca lagi tulisan ini ya Om.

    Salam,
    Duto Solo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: